Wagub Jatim Emil Dardak Tinjau Pipa Air PDAM Yang Pecah Di Kota Malang

Foto : dok. Istimewa
Malang | Pecahnya pipa air PDAM di Kota Malang menjadi perhatian Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Ada 4 titik yang dikunjungi Emil Dardak untuk mengecek pipa PDAM. Yaitu di Desa Kidul dan Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang, serta bertemu masyarakat terdampak di Kecamatan Tumpang dan Kelurahan Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang. Lalu ke Perumahan Bulan Terang Utama (BTU) Malang.

Dengan didampingi Wakil Wali Kota Malang dan Dirut PDAM Kota Malang Nor Muhlas, Emil mengatakan, jika kerusakan tersebut berada di titik rendah. Sehingga perlu digenjot cukup kuat agar air bisa naik.

"Karena memang lokasi sumbernya di atas, dialirkan ke bawah. Untuk naik ke atas tentu harus digenjot cukup kuat dari atas agar air bisa naik ke daerah yang tinggi seperti Buring. Karena tidak kuat maka pipa yang ada di titik rendah ini pecah," kata Emil, Sabtu (25/1/2020).

Dari kejadian ini mengakibatkan ada sekitar 26 ribu kepala keluarga yang tak bisa menikmati aliran air yang semestinya.

"Sekitar 80 persen dari 26 ribu warga yang terdampak berada di bawah sedangkan sisanya di atas," imbuhnya.

Emil melanjutkan, Pemprov Jatim masih mengupayakan mengganti pipa yang rusak. Caranya dengan melakukan komunikasi dengan Kemen PUPR. 

"Semestinya memang ini dilakukan segera. Karena ini memang darurat dan segera memerlukan perbaikan," terangnya.

Sementara itu, Nor Muhlas mengatakan, bahwa PDAM dan Pemkot Malang terus melakukan inovasi untuk mengatasi masalah tersebut. 

"Sampai saat ini kami tidak tinggal diam. Kami terus mengupayakan penyelesaian atas permasalahan ini," ujarnya.

Diketahui, untuk memenuhi kebutuhan air warga Malang akan ada 5 mobil tangki dan 15 terminal air. Dinas Cipta Karya juga akan menyediakan mobil tangki dan terminal air berapa pun jumlahnya. (as/ip).

Posting Komentar

0 Komentar