Beredar Hoax Terkait Warga Pragaan Daya Yang Terinfeksi Virus Corona

Foto : ilustrasi wabah covid-19
Sumenep | Isu hoax terkait Corona Virus Disease (COVID-19) kembali beredar melalui pesan suara di Media Sosial whatsapp. Sebuah pesan berantai tersebut mengatakan bahwa ada salah satu warga Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan Sumenep terinfeksi Covid-19.

Menanggapi kabar tersebut Khairul Anwar Kepala Puskesmas Pragaan Sumenep membantah adanya warga Pragaan Daya yang terinfeksi Virus Corona. Menurutnya warga Pragaan yang diketaui berinisal MD (62) itu baru kembali dari rantauannya di luar Madura.

“Waktu di Jawa Tengah, MD (62) sempat cek kesehatan karena mengeluh sakit tenggorokan, tapi saat pulang dia cek kesehatan lagi di posko COVID-19. Kalau dari suhu tubuh normal,” ujarnya, Minggu (29/03/2020).

Karena saat di Jawa Tengah memiliki riwayat sakit, pihak Pos pemantauan Covid-19 menyarakan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Puskesmas terdekat.

“Karena adanya miskomunikasi antara yang bersangkutan dengan pihak kesehatan di posko kesehatan, yang besangkutan mengaku sudah terinfeksi Corona,” tegasnya.

Padahal hasil pemeriksaan di Puskesmas Pragaan semuanya normal dan sakit biasa, hanya saja pihak puskesmas akan terus melakukan pemantauan setiap hari kepada yang bersangkutan. Sementara pasien sudah dipulangkan.

“Nanti pasien ini akan terus kami pantau untuk mengetahui keadaan pasien kedepan,”tambahnya.

Pihak Puskemas Pragaan sudah melakukan sosialisai kepada semua warga di Kecamatan Pragaan tentang bahaya Virus Corona. Sosialisasi meliputi cara cuci tangan yang benar, serta penyemprotan cairan disinfektan serta pemantuan kepada warga-warga yang berasal dari luar Madura.

“Kami menghimbau kepada warga jangan terlalu panik, terus lekukan komunikasi dengan Pemerintah Desa, dan konfirmasi terlebih dahulu kepada yang instansi yang berwenang,” tutupnya. (az/shaf)

Posting Komentar

0 Komentar