Pandemi Covid-19 Kian Menjulang, Disdik Bangkalan Batalkan UN 2020 dan Perpanjang Libur Sekolah

Bambang Budi Mustika, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan.
Bangkalan | Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur perpanjang libur sekolah hingga 6 April mendatang, hal itu dilakukan demi mengantisipasi penyebaran virus Corona atau covid-19.

Bambang Budi Mustika, kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan mengatakan bahwa perpanjangan libur sekolah itu menyusul surat edaran Menteri Pendidikan dan Gubernur Jawa Timur serta Bupati Bangkalan tanggal 24 tentang penyesuaian sistem kerja ASN untuk pencegahan Covid-19.

“Karena sekarang penyebaran virus corona itu semakin meningkat bukan semakin berkurang, hal ini semata-mata ingin melindungi semua,” Katanya pada Jum'at (27/3/2020).

Disdik Kabupaten Bangkalan juga membatalkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini sehingga hal itu tidak menjadi syarat kelulusan siswa atau seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya.

“Kami tinggal menindaklanjuti bagaimana pelaksanaan sekolah itu acuan kelulusannya menggunakan nilai rapor, kalau SMP biasanya akhir April, kalau SD biasanya pertengahan Mei, biar tidak ada perkumpulan siswa di sekolah,” terangnya.

Selama libur sekolah, Disdik Bangkalan juga meminta kepada para guru untuk memberikan sosialisasi kepada siswa tentang pencegahan covid-19 dengan menjaga kesehatan dan pola hidup bersih.

“Yang paling utama itu memberikan anjuran kepada siswa bagaimana pencegahan virus corona, misalnya dengan hidup selalu bersih, perbanyak cuci tangan, itu nanti tugas tambahan guru,” Imbuhnya.

Selain itu, Disdik juga berharap agar wali murid mau bekerja sama dengan pemerintah untuk sama-sama memantau anak-anaknya agar tidak keluyuran selama libur sekolah berlangsung.

"(karena) yang paling penting itu pengertian tentang covid-19" Pungkasnya. (adi/shaf)

Posting Komentar

0 Komentar