Respon Dinkes Sidoarjo Dalam Menanggulangi Wabah Virus Corona

Kepala Dinas Kesehatan, drg. Syaf Satriawarman
Sidoarjo | Dinas Kesehatan (dinkes) Kabupaten Sidoarjo merespon cepat masuknya wabah Virus Corona di Indonesia dengan mengeluarkan surat edaran yang telah ditandatangani Bupati Sidoarjo kepada seluruh elemen masyarakat seperti camat, Lurah/kepala desa, RT/RW, Pondok pesantren maupun pusat layanan publik seperti Mall dan Hotel, apartemen dan lainnya. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Sidoarjo, drg. Syaf Satriawarman. Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan itu dengan tujuan agar seluruh elemen masyarakat memperhatikan Kesehatan para warga di tiap penjuru kabupaten, pengunjung hotel, apartemen, mall dan fasilitas publik lain baik dari dalam maupun luar negeri.

"Saat ini (surat edaran Bupati itu) sedang disebarkan ke seluruh elemen masyarakat". Kata Syaf Satriawarman saat dihubungi melalui telewicara pada Selasa, 03/02/2020.

Pihak Dinkes juga telah menunjuk 3 rumah sakit yang diharuskan siap siaga untuk menerima apabila ada pasien yang diduga tersuspect virus Corona/Convid-19. ketiga rumah sakit tersebut adalah RSUD Sidoarjo, RS Siti Hajar dan RS Mitra Keluarga.

Syaf Satriawarman juga mengatakan bahwa, antisipasi lain dalam menanggulangi penyebaran Virus Corona ini adalah dengan disiapkanya tenaga medis yang faham betul dan kompeten dalam menangani wabah Virus Corona/Covid-19, pihaknya juga akan mengaktifkan RHA (Rapid Health Assessment) tingkat Kabupaten sebagai pusat penanggulangan wabah Virus tersebut.

"nanti tim RPH bertanggung jawab menanggulangi dan berjaga kalau-kalau ada warga yang terindikasi kena virus ini (Corona/Covid19, Red)." Imbuhnya

Masih kata Kadinkes Sidoarjo, pihaknya juga meminta Kesiapan ambulance pada tiap-tiap Puskesmas di Kecamatan agar difungsikan secara maksimal apabila nanti terdapat indikasi pada warga yang tersuspect virus Corona/covid-19 dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri pada tiap ambulance.

"semisal nanti ada atau menemukan kasus virus ini, maka ambulance dan tim medis tiap-tiap kecamatan harus siap siaga, plus dengan APD (Alat Pelindung Diri) masing-masing, apalagi sudah ada edaran pemprov" Tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar tidak panik dalam menyikapi Penyebaran Virus-virus ini dan tetap meningkatkan kewaspadaan serta menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu, ketika ditanya tentang ada atau tidaknya warga/wisatawan di Sidoarjo yang tersuspect Virus Corona/Covid-19, Pak Syaf sendiri bersyukur dan mengaku belum menemukan satupun pasien yang terjangkit virus mematikan ini.

"Belum, Sejauh ini masih steril dan selain berusaha menanggulangi mari kita berdoa mudah-mudahan Sidoarjo tidak sampai terjangkit virus ini." Pungkasnya (md/ip)

Posting Komentar

0 Komentar